Sabtu, 07 Februari 2009

HAMPIR 100 RIBU ARTIKEL ADA DI WIKIPEDIA INDONESIA


Wikipedia Indonesia, Ensiklopedia Bebas Berbahasa Indonesia. Anda menyukai ilmu pengetahuan dan beragam informasi menarik ? Inilah gudangnya, Wikipedia. Sebenarnya Wikipedia memiliki edisi dalam berbagai bahasa, dalam Bahasa Inggris misalnya, menyajikan lebih dari 2,7 juta artikel. Menyusul dalam Bahasa Jerman, lebih dari 860 ribu artikel, dan dalam Bahasa Perancis lebih dari 759 ribu artikel.

Wikipedia edisi Bahasa Indonesia, pada saat resensi ini dibuat, memiliki 97.514 artikel. Terbagi dalam Budaya, Filsafat, Geografi, Ilmu, Indonesia, Masyarakat, Matematika, Sejarah, Seni, Teknologi dan Tokoh. Andapun dapat menyumbang pengetahuan yang dimiliki, dengan terlebih dahulu membuat akun. Selain memiliki fasilitas pencarian "Cari judul" atau "Cari isi", Wikipedia edisi Bahasa Indonesia juga dilengkapi fasilitas "Warung Kopi", "Portal Komunitas", "Bantuan", "Kotak Peralatan", dan sebagainya.

Homepage Wikipedia Bahasa`Indonesia selalu diperbaharui, antara lain dengan menampilkan "Artikel Pilihan", "Gambar Pilihan", "Peristiwa Pilihan", "Tahukah Anda", dan "Tanggal Sekarang dalam Sejarah". Ada lagi keistimewaan Wikipedia, yaitu memiliki edisi Bahasa Jawa, URL-nya : http://jv.wikipedia.org, memiliki sekitar 16 ribu artikel. Sugeng Rawuh Wonten ing Wikipedia Abasa Jawi. Belum cukup sampai di situ, Wikipedia Bahasa Sunda juga ada, URL-nya : http://su.wikipedia.org. memuat lebih dari 14 ribu artikel, Wilujeng Suping di Wikipedia Sunda.

Ternyata, dengan perkembangan teknologi informasi, mencari ilmu pengetahuan dan beragam informasi kian mudah saja, tinggal klik, klik, klik. (Atep Afia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar