Minggu, 01 Februari 2009

GAUL YUK MELALUI FRIENDSTER


Buku : Kenalan Yuk Di Friendster

Satu lagi situs jaringan sosial yang kita banyak digandrungi dan dikangeni, terutama oleh kalangan ABG, remaja dan usia muda, atau yang merasa masih muda (padahal sudah wong tuo, heheheh..). Bagaimana panduan ber-Frienster-ria, ditulis dalam buku "merangsang" gairah baca, dengan judul : " Kenalan Yuk di Friendster!", merupakan ABG Series dari penerbit Elex Media Komputindo dan Kompas Gramedia Jakarta.

Bagaimana isi buku berikut tampilannya ? Mari kita kupas dalemannya secara perlahan. Eng-ing-eng. Sampul disain-nya sederhana saja, dengan warna kuning dan merah yang dominan. Ada gambar kartun sepasang ABG berpegangan sebagai ilustrasinya. Buku yang ditulis Angga Wibowo itu meliputi 10 Bab. Dimulai dari "Apa Tuh Friendster ?" Ternyata Friendster adalah tempat mangkal dan cari teman di internet. Menurut penulis buku, Friendster punya teman, yaitu MySpace dan Multiply, sama-sama situs interaksi sosial, ajang pergaulan antar manusia, di manapun berada.

Mendaftar di Friendster begitu mudah, bikin account baru lalu aktifkan. Melalui Friendster juga Email yang dimiliki bisa dikelola. Friendseter tentu saja harus dilengkapi profil dan pajang album foto, biar semua teman atau calon teman jadi "nyaho" atau TST (tau sama tau la yau...).

Melalui Friendster bisa mencari teman dengan menggunakan fasilitas search. Terus cari dan cari teman, gunakan Friendlist teman. Kalau ada teman yang tidak cocok, gampang hapus saja. Friendster menyediakan fasilitas bookmark teman, pajang teman favorit, cari tahu siapa yang "ngintip" profil kita, dan bisa juga membatalkan ajakan pertemanan.$0$0$0$0$0Tidak itu saja, Friendster menyajikan menu kirim pesan, kasih komentar dan kirim bulletin.

Selain itu tersedia fasilitas untuk membuat grup berdasarkan kriteria tertentu, bisa kesamaan hoby, profesi, tempat tinggal, dll. Atau sekedar kesamaan nama, misalnya bisa saja dibentuk grup "Agus", untuk seluruh member bernama Agus. Ada lagi keunggulan Friendster, yaitu bisa membuat Blog dan mengisinya secara kreatif. Friendster oh Friendster, banyak sekali manfaatmu. Profil kita pun bisa diutak-atik, gonta-ganti background, oprek CSS, pasang multimedia, putar MP3, pasang video klip, bahkan memantau siapa dan berapa jumlah teman yang mengunjungi profil kita.

Pokoke, dengan Friendster bisa gaul abiz. Boleh saja tampilkan sekolah, kampus, kantor atau kampung kita sekalian. Atau kalau Anda masih nganggur, bisa saja cari lowongan kerja melalui Friendster. Tunggu apa lagi ? Tetapi jangan terburu-buru, bikin password yang aman, blokir temen yang nyebelin dan bikin BT, buat private profile, tangani pesan-pesan SPAM, dan jangan lupa, cegah pencurian account. (Atep Afia).


Daftar Pustaka :
Kenalan YUK DI FRIENDSTER. ANGGA WIBOWO.PT ELEX`MEDIA KOMPUTINDO.2008. 142 Halaman. ISBN 978-979-27-3281-8.

Sumber Gambar :
http://enengnurul.files.wordpress.com/2008/06/af-friendster.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar