Senin, 02 Februari 2009

MENGETAHUI TRAFFICS RANKINGS WEBSITE, PORTAL DAN BLOG ANDA DENGAN ALEXA.COM


Pertumbuhan jumlah website, portal dan blog begitu fantastis, persoalannya persaingan jumlah pengunjung pun semakin ketat. Alexa.com, The Web Information Company, mengkhususkan diri memantau traffics rankings seluruh website, portal dan blog yang ada di dunia. Anda memiliki website, portal atau blog, coba lihat di mana posisi traffic rankings-nya. Caranya tinggal copy alamat URL, paste di Lookup Website, klik "Go", maka beberapa detik kemudian muncul informasi mengenai grafik traffic history, traffic rank, page view per user, persentase pengguna berdasarkan negara, traffic rank di berbagai negara, dan sebagainya.

Misalnya, kita perhatikan posisi www.yahoo.com, traffic rank 1; page views per users 12,52; pengguna terbanyak berasal dari Amerika Serikat 34,6 persen, India 8,6 persen, Taiwan 3,4 persen; traffic rank di berbagai negara Taiwan 1, AS 2, India 3, Inggris 3, China 8.

Alexa.com juga menyajikan Top Sites global, berdasarkan negara, berdasarkan bahasa, dan berdasarkan katagori. Ada juga fasilitas untuk men-down load 1 juta situs paling top, yang datanya diperbaharui setiap hari. Setiap hari juga diumumkan 500 situs yang paling top secara global. Posisi 2 Februari 2009, nomor 1 Yahoo.com, 2. Google.com, 3. Youtube.com, 4. Live.com, 5. Msn.com, 6. Myspace.com, 7. Wikipedia.com, 8. Facebook.com, 9. Blogger.com, 10. Yahoo.co.jp, dan seterusnya.

Sedangkan untuk pengguna di Indonesia, posisi 1. Yahoo!, 2. Google.co.id, 3. Friendster, 4. Google, 5. Facebook, 6. Blogger.com, 7. YouTube, 8. WordPress.com, 9. Detik.com, 10. Kaskus - Komunitas Indonesia (kaskus.us).

Dengan keberadaan Alexa.com, paling tidak kita jadi mengetahui di mana posisi website, portal atau blog kita berada. Terutama menyangkut jumlah pengunjung dan jumlah halaman web yang diakses. Untuk memperbaiki ranking, tentu saja perlu dilakukan perbaikan-perbaikan, baik menyangkut desain web, editor web, web server, web browser, maupun konten. (Atep Afia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar